Fogging untuk Cegah Demam Berdarah di Komplek Masjid Nurul Iman, Desa Sukaraya

Sukaraya, 13 Mei 2024 – Dalam upaya mengurangi dan mencegah penyebaran penyakit demam berdarah, PAC (Pimpinan Anak Cabang) LDII Sukaraya melaksanakan kegiatan fogging (pengasapan) di komplek Masjid Nurul Iman, Desa Sukaraya. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Puskesmas Sukaraya, Babinsa, Binmaspol serta RT dan RW setempat.

Ketua DKM Masjid Nurul Iman, H. Sarjimin, yang juga Ketua DPD LDII Kabupaten Bekasi, mengapresiasi inisiatif ini dan berharap agar seluruh warga turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Kami sangat mendukung kegiatan fogging ini sebagai upaya preventif melawan demam berdarah. Kami juga mengajak seluruh warga untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, sehingga kita bisa bersama-sama mencegah penyebaran penyakit ini,” ujar H. Sarjimin.

Ketua DPD LDII Kabupaten Bekasi, H. Sarjimin (berkaus merah) bersama warga dan tokoh masyarakat melakukan fogging di areal Komplek Masjid Nurul Iman, Sukaraya dan Areal Pemukiman Warga Sekitar

Kegiatan fogging dimulai sejak pagi hari dan mencakup seluruh area sekitar Masjid Nurul Iman. Tim gabungan dari Puskesmas Sukaraya dan Babinsa bergerak secara sistematis untuk memastikan semua area potensial tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti terjangkau asap fogging. Warga setempat juga terlihat antusias dan ikut membantu mengosongkan genangan air serta membersihkan lingkungan sekitar rumah mereka.

Dalam kesempatan ini, perwakilan dari Puskesmas Sukaraya juga memberikan edukasi kepada warga tentang pentingnya 3M Plus (Menguras, Menutup, dan Mengubur) untuk memberantas sarang nyamuk. Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan secara berkelanjutan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan terbebas dari penyakit demam berdarah. Sinergi antara LDII Sukaraya, Puskesmas, Babinsa, serta RT dan RW setempat diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi wilayah lain dalam upaya pencegahan penyakit.

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, Desa Sukaraya optimis dapat mengurangi risiko penyebaran demam berdarah dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi warganya. Rfk/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *